Serangan Siber Terkuat Berasal Dari Rusia Untuk Indonesia

Serangan Siber Terkuat Berasal Dari Rusia Untuk Indonesia

Tiap harinya, banyak pemakai internet di dunia dihantui serangan siber terkuat yang dapat menyerang mereka setiap waktu melalui beragam trik. Untuk mengantisipasinya, Tubuh Siber serta Sandi Negara (BSSN) lakukan kerja sama seperti Honeynet Proyek untuk mengetahui serangan siber di Indonesia lebih awal. Satu bentuk kerja sama dari keduanya merupakan diluncurkannya situs Honeynet BSSN yang memperlihatkan peta serangan siber di Indonesia. Melalui situs itu, penduduk dapat lihat intensif serangan siber ke Indonesia dari negara lain, tingkat serangan di tiap-tiap propinsi, serta trend malware.

BSSN serta Honeynet pun melaunching laporan tahunan berisi data-data serangan siber di Indonesia yang berlangsung sepanjang 2018. Satu realitas menarik yang tersingkap merupakan Rusia nyata-nyatanya jadi negara yang terbanyak bikin lancar serangan siber ke Indonesia selama tahun waktu lalu. Dalam laporan itu, banyaknya serangan siber ke Indonesia yang datang dari Rusia raih 2. 597. 256 serangan sepanjang 2018. Angka itu semakin banyak dari serangan yang datang dari China (1. 871. 363 serangan) serta Amerika Serikat (1. 428. 440 serangan) .

Totalnya, ada 12. 895. 554 serangan siber yang dihadapi Indonesia sepanjang 2018 yang terdeteksi 21 sensor Honeynet yang sudah terpasang. Meski demikian, Sulistyo bertindak sebagai Direktur Deteksi Intimidasi BSSN, memperjelas data ini belum bermakna membuktikan kalau beberapa serangan itu benar datang dari Rusia. Itu disebabkan BSSN lakukan pendeteksian melalui alamat IP, hingga sangat mungkin hacker cuma menggunakan alamat IP dari Rusia untuk bikin lancar serangan.

Baca juga : Tentara Jerman Buat Badan Keamanan Siber

” Kami deteksi dengan Honeynet merupakan nomor IP-nya. Yang biasanya IP-nya datang dari Rusia. Tetapi itu bukan bermakna hacker itu serius datang dari Rusia, ” jelas Sulistyo, dalam acara peluncuran situs Honeynet BSSN di daerah Jakarta Pusat, Kamis (7/2) . Dia menerangkan dalam presentasinya kalau obyek port paling tinggi  yang terserang serangan, ialah pada port smbd (2. 071. 320 serangan) , SipSession  (1. 298. 691 serangan) , serta SipCall (1. 187. 560 serangan).  Sesaat untuk model malware paling tinggi yang terbanyak terdeteksi ialah Win32/Conficker. worm. 167765 sejumlah 429. 208 serangan. Data-data itu diambil dari sensor yang aktif menyatukan raw data, file malware, serta dikerjakan pengamatan pada malware  ​tersebut memakai langkah pengamatan statis serta pengamatan dinamis.

Tunggu tanggung jawab pemerintah
BSSN serta Honeynet memakai mode sensor bernama Honeypot (HP) yang berperan untuk mengetahui beberapa serangan siber yang ada ke Indonesia dan mempelajarinya. Charles Lim, Honeynet Chapter Lead, mengatakan intimidasi yang terdeteksi selanjutnya bakal diprediksi oleh team perlindungan dari BSSN.  Piranti Honeypot arahnya mengetahui serangan, jadi di belakangnya dapat lakukan perlindungan. BSSN punyai team yang spesial lakukan perlindungan itu, ” jelas Charles.

Sekarang ini sensor Honeypot baru ada di enam propinsi dengan banyaknya 21 serta diinginkan bisa ditebar ke 34 propinsi di semua Indonesia pada 2023.  Charles menyampaikan lambannya proses penebaran ini disebabkan pemerintah belum memiliki komitmen untuk konsentrasi dibagian ini. Dia akui budget untuk proyek ini baru masuk pada tahun waktu lalu.  ” Tanggung jawab itu datangnya dari anggaran budget. Bila pemerintah telah mengetahui ini penting, mereka bakal menganggarkan, ” papar Charles.  Walau sebenarnya, menurut dia Taiwan yang notabene mempunyai luas lokasi lebih kecil ketimbang Indonesia saat ini telah mempunyai beberapa ribu sensor Honeypot.

One Reply to “Serangan Siber Terkuat Berasal Dari Rusia Untuk Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *