Trik Ringan Seting Mikrotik Dari Awal Hingga Akhir

Trik Ringan Seting Mikrotik Dari Awal Hingga Akhir

Trik Ringan Seting Mikrotik dari Awal Hingga Akhir – Untuk Anda yang mau seting mikrotik sendiri, beberapa langkah serta keterangan berikut mudah-mudahan dapat mendukung membuat jadi lebih mudah prosedurnya. Yang butuh jadi perhatian yaitu kalau mikrotik udah siap dimanfaatkan, baik itu itu rumah, kantor, atau rumah. Dan trik ringan seting mikrotik lingkupnya sendiri masih relatif simple, ialah dari gateway server, dhcp server, serta DNS server http://sbobet.life/.

Seharusnya Anda udah mendalami apa yang dimaksud Mikrotik lebih dahulu sebelum membaca serta mangikuti beberapa langkah yang diterangkan di sini. Lantaran apabila belum, jadi Anda kemungkinan bakal alami kesukaran disaat mengatur Mikrotik tersebut. Biar meringankan pembelajaran ini, apabila udah mendalami apa yang dimaksud Mikrotik, tentulah Anda mesti miliki Mikrotik yang bisa dibeli di toko online bisa dipercaya Anda.

Dalam review ini, yang bakal dimanfaatkan yaitu mikrotik RB750r2. Dengan Mikrotik Routerboard, lisensinya lantas automatic terpasang pada fitur. Sekiranya Anda memanfaatkan PC Anda buat souter mikrotik, jadi lisensi yang diraih yaitu vs trial atau 0. Disamping itu, review ini pun bakal memanfaatkan Winbox. Karena itu, kombinasi lantas dapat dilaksanakan dengan penampakan GUI atau Graphic User Interface.

Sebelum Anda melaksanakan kombinasi mikrotik, perlu diingat buat bikin topologi jaringan lebih dahulu. Buat sekarang ini, topologi yang dimanfaatkan masih termasuk simple, dengan cuma 1 link keluar, atau ke jaringan internet. Ingat kalau IP gateway ke internet sebagai IP Public yang dikasihkan oleh ISP.

Setting Mikrotik

Koneksikan port 1 ke modem, setelah itu port 2 ke PC. Setelah itu kerjakan Winbox, serta membuka tab Neighbors. Seandainya rb udah dideteksi Winbox, Anda langsung dapat click daftar yang udah terdeteksi. Setelah itu, melakukan kombinasi default mikrotik dengan masukkan username admin, serta biarkanlah kolom password kosong. Click Connect. Masuk ke GUI mikrotik. Anda bakal dapatkan interface dimana sidebar yang berada pada sisi kiri menghadirkan daftar manfaat dari mikrotik, seperti Wizard Konfig buat quick set hingga manual buat pemanfaatan mikrotik. Demikian Anda masuk ke GUI, Anda bakal butuh mengubah nama interface buat membuat jadi lebih mudah Anda di dalam cari port yang mana buat di kaitkan ke mana.

Pilih Interface serta suatu jendela berisi daftar interface bakal tampak. Click kedua kalinya satu diantara interface biar Anda dapat mengubah namanya. Umpama, pindah nama interface 1 jadi Ether 1 Internet buat link ke Modem/ISP, serta interface 2 jadi Ether 2 Konsumen buat hub ke konsumen. Langkah seterusnya yaitu berikan IP buat ke dua interface itu. Langkahnya yaitu dengan meng-click menu IP > Addresses. Tambahkan IP yang Anda kehendaki. Ingat, buat Ether 1 yaitu IP Public dari ISP, serta buat Ether 2 yaitu IP ke konsumen.

Click tombol +, terus tambahkan IP pada kolom Address tak mesti masukkan IP Network. Click Apply serta network bakal munul sendiri dengan cara automatic. Disaat Anda masukkan IP Address, imbuhkan IP sesuai sama interface yang Anda pakai. Sesudah itu, Anda dapat mengontrol DNS server, yang kebanyakan lantas udah dikasihkan berbarengan dengan IP Public. Namun, apabila Anda belum punyai IP DNS, Anda dapat pakai IP DNS Google : 8. 8. 8. 8 atau 8. 8. 4. 4. Apabila Anda masukkan DNS yang sesungguhnya serta mau menyembunyikannya, yakinkan Anda udah berikan isyarat ceklis atau centang pada Allow Remote Request.

Baca juga : WhatsApp Hadirkan Katalog Untuk Pembisnis Digital

Setelah itu, pilih menu IP > Routes. Di sini, tambahkan gateway yang udah dikasihkan ISP. Jadi contoh, di sini bakal memanfaatkan IP 10. 10. 1. 1 buat gateway khusus. Buat kombinasi yang lain dapat dibiarkan saja, lantaran kombinasi itu sebagai dynamic route yang mempunyai arti bakal dibikin dengan cara automatic oleh mikrotik. Click tombol “+” buat menghadirkan jendela baru. Cek kolom Dst. Address yang IP-nya berisi 0. 0. 0. 0/0, yang mempunyai arti semua IP dalam jaringan bakal melalui gateway yang udah dirapikan. Click Apply buat mengecheck apabila IP itu dapat digapai router atau mungkin tidak. Apabila info yang tampak yaitu reachable, mempunyai arti udah terubung dengan gateway. Click OK.

Saat ini, melakukan setting NAT > Masquerade buat menyamarkan IP lokal jadi IP Public. Konfigurasinya berada pada IP > Firewall > Tab NAT, lalu kik tombol “+”. Pilih General, tambahkan srcnat di kolom Chain, serta Ether 1 Internet di Out Interface. Lalu membuka tab Action = masquerade. Pada babak ini, sesungguhnya Anda bisa terjalin ke internet dengan memanfaatkan PC konsumen, walaupun butuh masukkan IP lewat cara manual. Buat dapat masukkan IP dengan cara automatic dari PC konsumen, melakukan konfiguasi dhcp server melalui menu IP > DHCP. Click DHCP Setup serta turuti wizard yang mikrotik kasih. Pada IP range, tambahkan IP yang bisa dimanfaatkan dalam range spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *