Tubuh Pajak DKI Ingin Beli Computer “Mainframe” Rp 128 Miliar

Tubuh Pajak DKI Ingin Beli Computer "Mainframe" Rp 128 Miliar

Tubuh Pajak serta Retribusi Wilayah (BPRD) DKI Jakarta menganggarkan dana Rp 128,9 miliar untuk penyediaan satu unit computer, komplet dengan perangkatnya. Computer yang disebut ialah computer ” mainframe”, yang intinya dipakai untuk mengatasi data organisasi besar untuk aplikasi-aplikasi kritikal, seperti pemrosesan data besar, sensus, statistik industri togel singapura deposit pulsa serta konsumer, sampai pemrosesan transaksi. Ukuran computer ini semakin besar dari server atau workstation, serta mempunyai jumlahnya processor yang makin banyak. Oleh BPRD DKI Jakarta, computer mainframe itu akan dipakai untuk memetakan serta tahu kekuatan pajak wilayah.

Keseluruhan budget yang diusulkan untuk penyediaan computer mainframe sebesar Rp 128,9 miliar, tertuang dalam Perancangan Budget Penghasilan serta Berbelanja Wilayah ( APBD) DKI Jakarta tahun 2020. Kepala Tubuh Pajak serta Retribusi Wilayah (BPRD) DKI Jakarta, Faisal Syafruddin menjelaskan, skema dalam computer itu akan dapat mempelajari kekuatan semua type pajak wilayah dengan digital. Dengan begitu, BPRD DKI tahu angka riil penerimaan pajak wilayah yang perlu masuk ke kas wilayah tiap tahunnya.

Baca juga : Semarak, A Tribute To KLa Proyek Diadakan Pascagempa Lombok

Diluar itu, penyediaan computer itu mempunyai tujuan untuk menahan terdapatnya kebocoran pajak wilayah. Karena, BPRD DKI sudah tahu angka riil penerimaan pajak. “Kami dapat lakukan manajemen efek dalam rencana untuk mendesak kebocoran pajak,” sebut Faisal. Menurut Faisal, budget Rp 128,9 miliar itu termasuk juga untuk perawatan (pemeliharaan) oleh penyuplai barang sepanjang tiga tahun serta training pegawai BPRD DKI.

Tiga tahun untuk maintenance-nya, pendampingannya. Kami ada juga training tenaga di sini, sesudah tiga tahun, baru kami yang melakukan sendiri (perawatannya),” katanya.

Disaksikan dari situs situs apbd.jakarta.go.id, penyediaan computer itu terbagi dalam pembelian satu unit computer, dua unit storage ruang network (SAN) switch, enam unit server, serta sembilan unit storage untuk mainframe. Keseluruhan budget yang diusulkan Rp 128.992.331.600 dengan perincian seperti berikut:

  • satu unit Computer Mainframe IBM Z14 ZR1 seharga Rp 66,6 miliar (dengan PPN)
  • dua unit SAN switch seharga Rp 3,49 miliar (dengan PPN)
  • enam unit server seharga Rp 307,9 juta (dengan PPN)
  • sembilan unit storage untuk mainframe seharga Rp 58,5 miliar

One Reply to “Tubuh Pajak DKI Ingin Beli Computer “Mainframe” Rp 128 Miliar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *